7 Keajaiban MEKKAH dan MADINAH



Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh..

      Saat tulisan ini menyapa anda,mungkin musim haji sudah berakhir. Tapi,informasi seputar Tanah Suci tak akan pernah berakhir dimakan zaman. Salah satunya adalah keistimewaan dua kota suci ummat Islam,Mekkah dan Madinah.

       Ya, Mekkah dan Madinah,dimana Allah jadikan sebagai tempat ibadah haji,bukanlah tanpa makna. Banyak hikmah yang terkandung didalam dua kota suci tersebut.Selain keajaiban naturalisnya (alamiahnya) yang diberi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Mekkah dan Madinah juga memiliki beberapa keajaiban  yang merupakan hasil kreasi manusia. Berikut 7 keajaiban kota Mekkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah :


1. Ka’bah, Zero Magnetism Area


   Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi. Radiasi yang berada di sekitar Ka’bah ini memiliki karakteristik yang menghubungkan antara Ka’bah di planet Bumi dan Ka’bah di alam akherat.

  Ditengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan  ada suatu area yang bernama Zero Magnetism Area, artinya apabila kita mengeluarkan kompas di area tersebut,maka jarum kompas tersebut tidak akan bergerak sama sekali karena daya tarik yang sama besarnya antara kedua kutub.

  Itulah sebabnya jika seseorang yang tinggal di Mekkah, maka ia akan hidup lebih lama,lebih sehat, karena tidak banyak dipengaruhi oleh banyak kekuatan gravitasi. Dan karena itulah juga ketika kita mengelilingi Ka’bah,kita seakan-akan di-recharge oleh suatu energi misterius dan ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah. Selain itu,Mekkah juga merupakan pusat bumi. Jadi,pusat Bumi dan Zero Magnetism Area itu bukan berada di kota Greenwich,tapi di kota Mekkah. Subhanallah….



2.  Zam-Zam, Air yang tak pernah kering.


    Air Zam-Zam yang berlimpah merupakan mukjizat yang tidak bisa diingkari. Sejak masa Nabi Ibrohim ‘alaihissalam hingga kini,mata air itu tak pernah kering. Padahal, jutaan liter tersedot setiap musim haji tiba. Yang menakjubkan, ukuran sumur Zam-Zam itu hanyalah 18 x 14 kaki saja (sekitar 5 x 4 meter). Artinya,tidak besar dan tidak dalam pula. Subhanallah..

   Hasil penelitian sampel air yang dilakikan oleh Tariq Hussain, insinyur kimia yang bekerja di Instalasi Air Laut kota Jeddah, menunjukkan bahwa Zam-Zam mengandung zat florida yang punya daya efektif membunuh kuman,atau seperti sudah mengandung obat.

   Dibandingkan dengan air biasa di kota  Mekkah dan  Arab,air  Zam-Zam menagandung kalsium dan garam magnesium yang lebih banyak. Itu mungkin sebabnya air Zam-Zam membuat efek menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan. Tambahan lagi, hasil laboratorium Eropa menunjukkan bahwa air Zam-Zam layak untuk diminum.

  Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits : “ Air Zam-Zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu,maka ALLAH menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang,maka ALLAH mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu,maka ALLAH akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari ALLAH untuk Ismail. ” (HR. Daruqtuni,Ahmad,Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).


3. Hajar Aswad, Batu dari Surga


    Menurut banyak riwayat, antara lain dari Abdullah bin Umar bin Khattab, Hajar Aswad berasal dari Surga. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Hajar Aswad itu diturunkan dari Surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa anak cucu Adam-lah yang menjadikannya hitam”

    Pada mulanya, Hajar Aswad tidak berwarna hitam melainkan berwarna putih bagaikan susu dan memancarkan sinar yang sangat cemerlang. Abdullah bin Amr bin ‘Ash ra (7 SH – 65 H)  menerangkan bahwa perubahan warna pada Hajar Aswad dari putih menjadi hitam disebabkan karena sentuhan orang-orang musyrik.

          Menurut riwayat Ibnu Abbas dan Abdullah bin Amr bin ‘Ash, dahulu Hajar Aswad tidak hanya berwarna putih,tapi juga memancarkan sinar yang cemerlang.Sekiranya ALLAH Subhanahu wa Ta’ala tidak memadamkan kilauannya,tidak seorangpun manusia yang sanggup memandangnya.

          Dalam penelitian lainnya,mereka mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua didunia dan bisa mengambang di air. Disebuah museum Inggris, ada 3 buah potongan batu tersebut (dari Ka’bah) dan pihak museum juga mengatakan bahwa batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.


4. Endapan Lava Berumur Ratusan Juta Tahun
    

 Kawasan yang berupa endapan lava “al-kali basaltik”  (theolitic basalt) seluas 180.000 km persegi yang berusia muda (muncul jutaan tahun silam dengan puncak intensitas 2 juta tahun silam). Lava yang bersifat basa itu muncul ke permukaan bumi dari kedalaman 40-an kilo meter yang dikenal sebagai “Makkah-Madinah-Nufud volcanic line”.

    Banyak gunung berapi terbentuk di sepanjang zona rekahan itu. Seperti Harrah Rahat, Harrah Ithnayn, Harrah Uwayrid, dan Harrat Khaybar. Harrah Rahat adalah bentuk yang paling menarik. Dengan panjang 310 km membentang dari utara Madinah hingga ke dekat Jeddah dan mandung sedikitnya 2.000 km kubik endapan lava yang membentuk 2.000 lebih kerucut kecil (scoria) dan 200-an kawah maar.

5. Jabal Magnet ( Magnetism Hill ). Gunung Penuh Misteri


    Jabal Magnet terletak di daerah Mantiqo Baidho. Lokasinya berada cukup jauh dari kota Madinah, sekitar 40 km menuju arah kota Tabuk. Jabal Magnet berada di luar daerah haram, sehingga wilayah ini bebas dikunjungi oleh warga non muslim.

    Jika dilihat dengan kasat mata, sebetulnya kawasan Jabal Magnet tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah lainnya di Saudi Arabia, yakni bukit-bukit batu gersang seperti yang banyak dijumpai di Kota Madinah. Hanya saja,ketika kita berkendara di jalan raya diantara perbukitan tersebut, kita akan merasakan suatu keanehan. Jalan sepanjang 4 km dikawasan perbukitan diyakini memiliki daya dorong magnetis.

     Begitu besarnya kandungan magnet dalam bukit-bukit ini sehingga bus atau kendaraan lain yang melewati lokasi tersebut bisa tertahan lajunya atau terdorong hingga kecepatan 120 km/jam padahal si sopir tidak memasukkan gigi persneling mobil. Subhanallah..


6. Menara Abraj Al-Bait, Menara Jam Tertinggi Di Dunia

   Menara jam ini bernama  Menara Abraj Al-Bait atau Menara Jam Diraja Mekkah atau Makkah Royal Clock Hotel Tower.  Proyek menara jam ini dilaksanakan oleh kontraktor terkenal di Saudi Arabia, yaitu Saudi Binladin Group. Lokasinya berhadapan dengan Masjidil Haram, tepat diatas tapak Kubu Pertahanan Ajyad di zaman Khalifah Usmaniyah yang telah dirobohkan.

   Menara ini merupakan menara jam tertinggi di dunia, menglahkan menara jam Palace of Cuture and Science di Warsaw Poland, Menara Jam The Big Ben di London, Inggris, Menara Jam Rajabai di Mumbai,India, dan Menara Jam Ann-Bradley di Milwaukee,Amerika Serikat.

    Setiap kali masuk waktu shalat Shubuh,Dhuhur,Ashar,Maghrib, dan Isya, maka akan teranpancar dari jam tersebut cahaya lampu yang

terlihat hingga sejauh 28 kilometer. Keindahan jam itu semakin lengkap dengan 90 juta kaca mozaik berwarna keemasan yang menghiasi keempat permukaan sisi-sisinya dengan motif atau corak flora dan fauna..

    Menara ini dirancang oleh arsitek-arsitek dari Jerman dan Swiss dan menghabiskan dana hingga US$ 800 juta.. Masya Allah…membayangkannya saja sudah terlihat sangat indah apalagi kalau melihat aslinya ya??? Hmm.. Cuma bisa berucap 'Subhanallah' saking kagumnya :)

7.  Berkah Keajaiban di Mekkah, Hidup Orang Miskinpun Menjadi Mudah

     Nah…ini keajaiban terakhir nihh..masalahnya adalah hidup orang miskin. Orang miskin yang hidup susah itu ada dimana-mana. Tapi di Mekkah,orang miskin bisa hidup mudah. Padahal nih, kota suci Mekkah dianggap sebagai salah satu kota yang paling mahal untuk ditinggali. Kenapa? Karena dilihat berdasarkan tingginya biaya akomodasi di daerah sekitar Masjidil Haram.
     Menurut Syeikh Muhammad As-Sahli, seorang professor ilmu syariah di Universitas Umm Al-Qura, orang miskin bisa menghasilkan uang di Mekkah karena Nabi Ibrohim ‘alaihissalam  berdoa kepada Allah memohon karuniaNya atas penduduk di Kota Suci itu.
    Dia mengatakan, sejumlah orang miskin yang dating ke Mekkah mampu menemukan berbagai macam sumber pendapatan, seperti menjual air mineral dan kayu siwak. “Beberapa diantara mereka bahkan ada yang kemudian menjadi pengusaha dan pedagang.” ujarnya..

[Daftar Rujukan: Majalah Hidayah Edisi 147, November’13,hal 48-51]


    Alhamdulillah..akhirnya selesai juga setelah 4 jam berhadapan sama si laptop demi nulis artikel ini.. Sebenernya sih keajaiban di dua kota suci ummat Islam itu banyak banget..tapi hanya 7 saja ya yg saya post..hehehe.. Selain itu,kebetulan juga In Shaa ALLAH hari Sabtu, 2 November 2013 ini saya mau manasik haji loh..!!! Gratis lagi..!! Sebenernya yg ikut haji gratis ini bukan cuma saya, yang ikut banyak, dari TPA – PG – TK – SD – SMP – SMA BS Putra Harapan *lho … kenapa gratis??? Kenapa memang?? Masalahh?? Hahaha…ya iya gratis kan ini termasuk kegiatan sekolah,bukan haji beneran.. Kalau haji beneran in Shaa ALLAH kalau saya sudah besar AAMIIN…

Doa Penutup..

Ya Allah, izinkanlah hamba dan seluruh ummat pengikut Muhammad Rasulullah bisa mengunjungi rumah-Mu yang suci dan agung..
Izinkanlah kami untuk bisa memenuhi panggilan-Mu
Menjadi tamu-Mu
Melakukan thawaf di sekitar bangunan mulia yang dibangun oleh utusanMu , Ibrahim ‘alaihissalam sebagai bentuk taatnya kepada-Mu
Mencium batu mulia yang Engkau turunkan dari jannah-Mu
Melaksanakan sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
Melempar jumrah..
Meminum air dengan sejuta khasiat (zam-zam)
Wukuf di Arafah untuk mensucikan diri..
Dan melakukan serangkaian ibadah haji yang lain..
Dan jika kami diizinkan oleh-Mu untuk mengunjungi Baitullah, semoga saat pulang ke tanah air kami dijadikan haji yang mabrur oleh-Mu ya Allah.. AAMIIN

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh sahabatku fillah…

#Salam Ukhuwwah fillah :))

0 Response to "7 Keajaiban MEKKAH dan MADINAH"

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Kalo mau kirim kritik dan saran disini aja yaaa

Ask me